Posted on 1 Comment

Pengerjaan Interior dengan HPL, Tacosheet, Duco

Interior adalah perlengkapan furniture yang digunakan untuk pajangan, memasang atau menyimpan peralatan atau barang disuatu ruangan rumah atau kantor sehingga tampilan lebih indah dan elegan. Set interior terdiri dari Pintu, Rak, Lemari, Meja, Ambalan, Kitchen Set dll

Bentuk atau design interior menentukan keindahan pada suatu ruangan. Sehingga saat ini untuk membuat perlengkapan interior memiliki banyak pilihan mulai dari bahan dasar, model, dan finishing.

Penggunaan dan penataan interior menjadi suatu seni keindahan arsitetur dalam suatu ruangan. Secara umum bahan-bahan yang digunakan untuk membuat perlengkapan interior adalah:

Bahan dasar:

  1. MULTIPLEK atau POLYWOOD, BLOCKBOARD

Bahan Finishing:

  1. HPL
  2. DECOSHEET, TACOSHEET
  3. CAT DUCO

Bahan bantu:

Terdiri dari berbagai macam aksesoris seperti handle, engsel, kaca, lighting, strip, stainless, dll

Bahan dasar Multiplek merupakan jenis kayu olahan yang kuat. Bahan dasar yang digunakan adalah kulit kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi. Multiplek memiliki ketahan terhadap air sehingga sangat cocok digunakan untuk furniture rumah seperti kitechen set, lemari, pintu, meja kantor, dll. Bahan dasar kayu yang sejenis adalah Blockboard, bedanya bloackboard terbuat dari potongan kayu yang disusun dengan rata. Bahan lainnya adalah MDF (Medium Density Fiberboard) merupakan kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu. Kekurangan nya material MDF kurang kuat dan tidak memiliki ketahanan terhadap air.

Bahan yang digunakan sebagai finishing untuk unit interior adalah HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas suatu furniture. HPL terbuat dari decorative paper dan resin  yang memiliki corak dan warna yang beragam seperti motif kayu, polos, warna, dll. Ketebalan HPL biasanya berkisar Antara 0.3-0.5mm. Lembaran finishing lainnya yaitu Decosheet atau Tacosheet. Pelapis ini terbuat dari bahan PVC/plastic yang lebih tipis dari HPL. Ketebalan Tacosheet berkisar 0.2mm

Cat Duco merupakan bahan finishing yang paling mahal, memiliki tampilan yang lebih elegan pilihan warna dan corak yang variative. Cat duco memiliki 2 pilihan, tampilan glossy dan doff. Pemakaian cat duco bias dengan metode semprot atau dicelup kedalam cairan cat.

Harga Bahan/Material Interior:

Perhitungan harga furniture Interior:

Harga unit set interior terpasang ditentukan per meter dan jenis finishing yang dipakai, sebagai berikut:

  1. Duco  = 2.5 jt/m2
  2. HPL  = 2.0 jt/m2
  3. Tacosheet  = 1.8 jt/m2
  4. Pintu HPL  = 1.0 jt/m2

Contoh Perhitungan pintu HPL:

Untuk pembuatan pintu HPL, rata2 tinggi pintu 2.3m lebar 0.9m, volume = 2.07, harga per m2 – 1,000,000. Harga pintu HPL = Rp. 2,070,000 (Termasuk aksesories engsel, kunci, handle pintu)

 

Contoh Perhitungan Kitchen Set HPL: Bagian kithen set terdiri dari rak atas dan rak bawah, missal panjang rak atas model kitchen set letter L adalah 3m, rata2 ketinggian 75 cm dan rata ketebalan 60cm. Volume rak atas = 3 x 0.75 = 2.25m2Rak bawah = 3 x 0.75 = 2.25m2. Total volume kitchen set = 2 x 2.25 = 4.5 m2.

Maka harga kitche set = 4.5 x 2,000,000 = Rp. 9,000,000  (Harga terpasang)

Untuk pemesanan Set Interior: Kitchen Set, Pintu HPL, Rak Baju, Rak TV, Ambalan, Meja Tamu, Meja Kantor, Rak Buku

 

Silahkan hubungi kami :

CV. JASABANGUN KONTRAKTOR

Telp: 081212500110 , WA: 087895481191

www.jasabangun.co.id, email: cv_jasabangun@yahoo.com

Office/Workshop: Jl. MT Haryono No.02, Desa Burangkeng, Setu , Bekasi, Jawa Barat

Facebook Comments

1 thought on “Pengerjaan Interior dengan HPL, Tacosheet, Duco

  1. Bagaimana pemesanan nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *