Posted on Leave a comment

Memasang granit dengan baik dan benar

Granit merupakan salah satu bahan finishing yang dipakai pada bangunan untuk lantai atau dinding bangunan. Granit memiliki keunggulan antara lain tahan/kuat, mengkilap, presisi sudut pertemuan antar granit lebih kecil rapi, dan memiliki ukuran lebih besar dibanding keramik.
Langkah-langkah dalam pemasangan granit:
  1. Menentukan tipe, ukuran dan motif granit yang akan digunakan
  2. Mengukur dan menentukan ketinggian lantai granit. Dengan mengacu kepada kusen/pintu dan menentukan ketiggian lantai (titik nol) dari pintu. Tandai bagian titik dasar yang akan menjadi posisi ketinggian keramik pada dinding bangunan.
  3. Untuk mendapatkan ketinggian yang sama pada setiap sisi dinding yang akan ditandai gunakan selang timbang dan tandai/garis pada dinding. Paku pada dinding yang sudah ditandai dan selanjut nya tarik benang sesuai ketinggian yang sudah ditandai.
  4. Tentukan garis tengah ruangan, dengan membagi ruangan menjadi dua bagian untuk mendapatkan siku dan sudut ruangan. Karena memasang granit dimulai dari tengah-tengah ruangan kemudian dilanjutkan kearah pinggir tembok.
  5. Cor lantai kerja dengan rata agar memudahkan pada saat pemasangan granit.
  6. Siapkan perekat yang terdiri dari adonan semen pasir (1:3), adonan tidak boleh terlalu basah agar tidak turun saat lantai kering dan juga tidak boleh kering sehingga lantai tidak gopong.
  7. Siapkan acian kental sebagai perekat untuk dipoles pada bagian bawah keramik
  8. Pasang granit mulai dari tengah ruangan dan dilanjutkan kearah pinggi tembok.
  9. Terkadang harus ada pemotongan granit, maka disiapkan gerinda potong keramik untuk mendapatkan ukuran pinggir yang sejajar dan sesuai.
  10. Cek kualitas hasil pemasangan, pasangan antar keramik tidak boleh ada gap atau tidak rata. Demikian juga cek level dan ketinggian atau elevasi lantai jika diperlukan ada nya kemiringan. Dapat menggunakan waterpass.
  11. Setelah selesai pemasangan, bersihkan kotoran dan sisa adukan yang menempel biarkan selama beberapa hari (4-5 hari) dan selama pengeringan granit belum boleh dipakai untuk menahan beban.
  12. Pasang nat pada celah granit sehingga rata.
  13. Lakukan pembersihan dan pengepelan sehingga granit terlihat mengkilap.
 
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *